contoh RPP Bhs. Inggris klas xi kd 01

Standard

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah                          : SMKN 2 J0mbang

Program Keahlian          : Semua Program Keahlian

Mata Pelajaran               : Bahasa Inggris

Kelas/Semester              : XI/3

Pertemuan ke                 : 1-5

Alokasi Waktu               : 25 x 45 menit

Standar Kompetensi      : Berkomunikasi dengan Bahasa Inggris setara Level Elementary

Kompetensi Dasar         : 2.1 Memahami percakapan sederhana sehari-hari baik dalam

konteks profesional maupun pribadi dengan orang bukan penutur asli

.

    Indikator         :

  1. Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan cermat dan logis.
  2. Pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari hari diperagakan dengan cermat dan santun.
  3. Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari hari  diperagakan dan dijawab dengan benar.
  4. Berbagai bentuk dan ungkapan digunakan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun untuk membicarakan kegemaran hobi dan minat.
  5. 5.      Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll. diperagakan dengan benardan santun.

 

  1. A.    Tujuan Pembelajaran
  2. Pertanyaan dengan pola yes-no questions dalam konteks kegiatan sehari-hari diperagakan dan dijawab dengan cermat dan logis.
  3. Pertanyaan dengan pola question tags dalam konteks kegiatan sehari hari diperagakan dengan cermat dan santun.
  4. Pertanyaan dengan pola question words dalam konteks kegiatan sehari hari  diperagakan dan dijawab dengan benar.
  5. Berbagai bentuk dan ungkapan digunakan berkomunikasi dan berinteraksi secara efektif dan santun untuk membicarakan kegemaran hobi dan minat.
  6. 5.      Ungkapan untuk menangani tamu hotel, restoran, travel agency, dll. diperagakan dengan benar dan santun.

 

B. Materi Pembelajaran

Language Focus:

  1. Talking about hobbies and interests
    1. Do you like fishing?
    2. What do you like doing in your spare time?
    3. Guest handling
      1. What can I do for you, Sir?
      2. Welcome to our hotel.
      3. I hope you enjoy the food.

Grammar Review:

1.Yes – No questions

  1. Am I a mechanic?
  2. Are you a secretary?
  3. Is he a programmer?

2.Question tags

  1. The board meeting starts at seven, doesn’t it?
  2. The students do not practice in the laboratory, do they?

3.Questions with question words

  1. Where does the boss live?
  2. Why do you come late?
  3. Who are you?

4. Gerund as subjects and objects

  1. Smoking is dangerous.
  2. I don’t like fishing.
  3. We like swimming.

5. Gerund as complement:

  1. Her job is sorting the mail.
  2. My hobby is jogging.

6. Gerund after preposition:

  1. Are you interested in collecting stamps?

7. Constructions with ‘too’ and ‘enough’

  1. The soup is too salty for me.
  2. The hotel room is comfortable enough.

C. Metode Pembelajaran

  1. Ceramah
  2. Latihan
  3. Role Play (Bermain peran)
  4. Tanya Jawab

D. Langkah-langkah Pembelajaran

Pertemuan ke-1:

  1. Kegiatan Awal
    1. Guru memberikan salam kepada siswa.( nilai sopan, menghargai orang lain)
    2. Guru memeriksa kehadiran siswa. ( nilai disiplin )
    3. Guru menjelaskan sistem pembelajaran, penugasan, dan penilaian semester ganjil.
    4. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.
    5. Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.
    6. Kegiatan Inti
      1. Guru membacakan dialog sederhana, siswa mendengarkan, dan menjawab pertanyaan yang diajukan oleh guru.
      2. b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola yes-no question, kemudian siswa mencatat penjelasan guru dengan cermat.
      3. c.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang yes-no question dengan cermat dan mandiri
      4. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola question tags dan siswa mencatat penjelasan guru.
      5. e.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang question tags.
      6. f.        Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan question tags.
      7. Kegiatan Akhir
        1. Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.
        2. Guru memberikan tugas rumah.
        3. c.       Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.(nilai santun dan disiplin )

Pertemuan ke-2:

1.Kegiatan Awal

a. Guru memberikan salam kepada siswa.

b. Guru memeriksa kehadiran siswa.(disiplin)

c. Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa                                       kemudian siswa menjawabnya.

2. Kegiatan Inti

a.      Guru membacakan kalimat yang mengandung pernyataan hobi dan minat, kemudian siswa menulisnya dengan cermat.

b.      Siswa menyebutkan macam-macam hobi dan minat.( jujur dan percaya diri )

c.       Siswa membuat kalimat yang sesuai dengan topik yang sedang dibahas pada pertemuan ini dengan mandiri.

d.      Siswa membuat dialog sederhana yang mengandung pernyataan hobi dan minat.

e.       Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuat di depan kelas. Dan kemudian temantemannya memberikan komentar.

3. Kegiatan Akhir

a.       Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa

b.      Guru memberikan tugas rumah.

c.       Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Pertemuan ke-3:

1.Kegiatan Awal

a.       Guru memberikan salam kepada siswa.

b.      Guru memeriksa kehadiran siswa.( disiplin )

c.       Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

d.      Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

2.Kegiatan Inti

a.       Guru membacakan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll., siswa menulisnya

b.      Guru menjelaskan dan memberikan ekspresi menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll., siswa memperhatikan dan mencatatnya.

c.       Siswa membuat dialog sederhana tentang cara menerima tamu, memberikan informasi, menawarkan sesuatu, dan mengucapkan terima kasih atas kunjungan kepada pengunjung hotel, restoran, travel agency, dll. .(berfikir logis dan mandiri)

d.      Siswa mempraktikkan dialog yang telah dibuatnya di depan kelas dan teman-teman yang lain memberikan komentar. .(berintereaksi secara efektif dan santun)

 

3.Kegiatan Akhir

a.       Guru memeriksa dan membahas hasil/kerja siswa.

b.      Guru memberikan tugas rumah.

c.       Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.

Pertemuan ke-4:

1. Kegiatan Awal

a.       Guru memberikan salam kepada siswa.

b.      Guru memeriksa kehadiran siswa.( disiplin )

c.       Guru menyampaikan materi yang akan dibahas dan tujuan pembelajaran.

d.      Guru memberikan apersepsi dengan cara memberikan pertanyaan kepada siswa kemudian siswa menjawabnya.

2. Kegiatan Inti

a.       Guru membacakan kalimat yang menggunakan pola gerund sebagai subjek, objek, pelengkap, dan setelah preposisi, kemudian siswa menulisnya.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola gerund sebagai subjek, objek, pelengkap, dan setelah preposisi, kemudian siswa mencatatnya dengan teliti dan cermat.

c.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang gerund dengan berfikir logis dan mandiri.

d.      Siswa membaca bacaan/teks yang telah disediakan oleh guru kemudian menjawab pertanyaan-pertanyaan berkaitan dengan bacaan tersebut.

3. Kegiatan Akhir

a.       Guru dan siswa membahas hasil kerja.

b.      Guru memberikan pertanyaan kepada siswa secara lisan untuk memeriksa pemahaman siswa tentang materi yang baru saja di bahas.(berfikir logis, kreatif )

c.       Guru memberikan tugas rumah.

d.      Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam. (santun )

Pertemuan ke-5:

1. Kegiatan Awal

a.       Guru memberikan salam kepada siswa.

b.      Guru memeriksa kehadiran siswa.

c.       Guru memeriksa tugas rumah siswa yang telah diberikan pada pertemuan sebelumnya dan membahasnya.

2. Kegiatan Inti

a.       Guru membaca kalimat yang menggunakan too dan enough, siswa menulisnya.

b.      Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola kalimat yang menggunakan too dan enough, siswa mencatat penjelasan guru.

c.       Siswa mengerjakan latihan-latihan soal tentang kalimat yang menggunakan too dan enough.

d.      Siswa membuat dialog sederhana dengan menggunakan too dan enough.

  1. Siswa mempraktikkan dialog sederhana yang menggunakan too dan enough bersama temannya. ( bekerjasama, berinteraksi secara efektif dan santun )
  2. Guru membacakan kalimat tanya yang menggunakan question words, siswa menulisnya dalam buku.
  3. Guru menjelaskan dan memberikan contoh pola question words dan penggunaannya dalam kalimat.
  4. Siswa membuat dialog sederhana dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan question words.(kreatif, kerjasama)

 

3. Kegiatan Akhir

a.       Guru memeriksa hasil kerja siswa.

b.      Guru menyampaikan bentuk ulangan harian dan waktu pelaksanaan ulangan harian.

c.       Guru menutup/mengakhiri pelajaran tersebut dengan mengucapkan salam kepada para siswa sebelum keluar kelas dan siswa menjawab salam.(santun)

E. Media dan Sumber Belajar

1. Alat

LCD Proyektor, Laptop, Speaker, VCD, Gambar, dan Buku Cerita

2. Media

a.       Audio: Cerita

b.      Visual: Gambar

c.       Audio Visual: Video

3. Sumber

a.       Global Access to the World of Work Book 2

b.      Pelajaran Bahasa Inggris untuk SMK Kelas 2

c.       LKS Prasasti Bahasa Inggris Kelas XI Semester Gasal

d.      English Grammar in Use

e.       How to Say It

F. Penilaian

1. Prosedur Penilaian: pada akhir pembelajaran (post-test)

2. Jenis Penilaian:

a. Tes Lisan

1) Dialog berpasangan.

              a) Make a dialogue about “hobby and interest” and then practice with your

                  friends!

             b) Make a dialogue about “guest handling” and then practice with your

                 friends!

b. Tes Tertulis

1) Melengkapi kalimat.

1)      Complete the sentences below!

1.      … I a student?

2.      … Mrs. Lilis a beautiful teacher?

3.      … he have a dictionary?

4.      … Romi and Sinta eat dinner?

5.      They work hardly, ….?

6.      She is not a dancer, ….?

7.      Let’s study this material, ….?

8.      I like ….(swim)

9.      (Jog) …. is my activity in the morning.

10.  This exercise is … difficult for me. (too/enough)

.

2) Membuat paragraf pendek.

              a) Make a description of your daily activities!

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Jombang,    Juli 2011

Mengetahui,

Kepala SMK Negeri 2 Jombang                                                Guru Mata Pelajaran

 

 

Drs. Erriono,MM                                                            Ali Muthohar, S.Pd.

Nip. 19551023 198103 1 007                                           Nip. 19701212 199802 1 005

 

 

 

About thoharal

aku orangnya nyatai tapi bertanggung jawab pada pekerjaan, ingin selalu mencoba segala sesuatu yang membuat aku dapat pengalaman,nyanyi,musik adalah kesukaanku, bagiku tiada hari tanpa berdendang atau bersenandung dan belajar dan membaca sesuatu yang baru.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s